Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Posted by Kumpulan Kata Kata Inspirasi

Skipnesia.com (Kesehatan) - Kini ada cara lain untuk mengikuti BPJS yaitu dengan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online. Sebelum anda mengetahui metodenya, mari mengulas sedikit tentang pengertianya. Bahwa BPJS merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan ketenagakerjaan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk memberikan asuransi kesehatan secara efektif dan terkoordinir menjadi satu. Dengan banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang mencapai ratusan juta, sehinga pihak BPJS mengeluarkan format pendaftaran secara online untuk setiap elemen masyarakat yang mungkin jauh dari cabang-cabang kantor BPJS askes. Hal ini akan lebih memudahkan proses pembuatan kartu serta memberikan keuntungan seperti tidak mengantri dan bisa lebih teliti dalam menginput data. Langsung saja ikuti panduannya berikut ini dan baca dengan seksama.

Cara Daftar BPJS
BPJS Kesehatan Online

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

1. Sebelum anda mendaftar secara online, ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan sebelumnya. diantaranya KK (kartu keluarga), KTP (kartu tanda penduduk), kartu NPWP jika anda dan juga nomor HP serta alamat email aktif anda.

2. Setelah semua persyaratan telah ada, kini tinggal anda melakukan registrasi online di bpjs-kesehatan.go.id. Kemudian ikuti point – point penting dibawah ini

- Pilihlah menu layanan peserta dan klik pada sub bagian pendaftaran peserta BPJS

- Setelah anda klik, maka akan muncul tampilan formulir yang berisi: nama, alamat, tempat tanggal lahir, nomor handphone, alamat email kantor cabang BPJS terdekat anda dimana nantinya anda akan langsung dapat mengambil kartu BPJS tersebut.

- Pada keterangan kelas perawatan silahkan anda memilih sesuai keinginan anda yang nantinya dapat disesuaikan kelasnya ketika digunakan saat anda mengalami sakit di rumah sakit. Kelas 1/orang itu 59.500 per bulan, kelas 2/orang 42.500 per bulan dan kelas 3/orang 25.000 per bulan.

- Sesudah semuanya dilengkapi dan yakin tidak ada kesalahan lagi silahkan anda bisa menyimpan data tersebut dengan klik pada tombol bagian bawah sendir. Dalam waktu dekat aka nada pemberitahuan melalui email yang telah anda daftarkan sebelumnya. Email tersebut berisi nomor registrasi (Virtual Account Number)

- Jika sudah menerima nomor tersebut, kini tinggal prin formulir pendaftaran anda dan data tersebut dapat digunakan sebagai kelengkapan dokumen ketika pengambilan kartu BPJS ke kantor cabang yang berada di dekat rumah anda.

3. Sebelum anda mendatangi kantor tersebut, sangat dianjurkan untuk membawa syarat juga diantaranya: KTP asli dan fotokopi, fotokopi KK (kartu keluarga), fotokopi sura nikah jika ada, 2 lembar foto bewarna ukuran 3x4, formulir pendaftaran yang telah anda print out lewat registrasi online serta lembar Virtual Account bumber yang tadi didapatkan melalui email.

4. Sekarang anda pun tak perlu lagi mendaftar BPJS ke kantor cabang karena anda akan dipastikan antri begitu lama dan mungkin juga membosankan. Dengan langkah Cara Daftar BPJS lewat online akan lebih menghemat waktu, energi dan kegiatan anda yang nantinya akan bermanfaat untuk aktivitas lainya.

Sedangkan didasarkan pda peraturan baru BPJS nomor 4 tahun 2014  dimana kartu BPJS anda bisa aktif setelah 7 hari dari pendaftaran anda. jadi harap lebih bisa bersabar jika anda ingin menggunakan kartu BPJS ketenagakerjaan tersebut. Memang secara ringkat bisa dikatakan bahwa mendaftar BPJS online hanya meliputi prosedur penyesuaian persyaratan untuk mendaftar ke BPJS lalu memasukkan data diri dan syarat tertentu serta menentukan iuran perbulan untuk pemilihan kelasnya. Namun bagi anda yang masih pemula untuk mengikuti Cara Daftar BPJS Kesehatan Online ada baiknya bacalah informasi ini sampai paham agar nantinya tidak bingung dan tidak terdapat kesalahan setelah mendaftarkan diri. Semoga bermanfaat.

Related Post



Post a Comment