Cara Mempercepat PC/Laptop yang Lemot terbaru 2016

Posted by Kumpulan Kata Kata Inspirasi


Mengerjakan tugas menggunakan komputer atau laptop merupakan sebuah kebiasaan yang sudah umum, baik itu pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, hingga orang yang sehari-harinya pekerjaannya berhubungan dengan komputer atau laptop. Komputer atau laptop sendiri bisa mengalami masalah mulai dari yang sederhana hingga yang sulit sekali pun.
Untuk mencegah terjadinya masalah yang serius maka sebaiknya kalian menjaga komputer atau laptop kalian dengan baik salah satunya adalah menjaganya agar tidak lemot atau lelet, karena pada dasarnya menjalankan komputer atau laptop dengan kualitas yang lelet tentu sangat mengganggu aktifitas apalagi ketika sedang dikejar target dan sebagainya, hal ini pasti sangat menjengkelkan. Pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit mengenai cara mempercepat kinerja komputer atau laptop agar tidak lemot. sebenarnya caranya sangatlah mudah kalian semua praktekkan.

1. Memaksimalkan Kinerja Hard Disk
Seperti yang kita ketahui bahwa hard disk merupakan sebuah tempat untuk emnyimpan berbagai macam data dan file yang terdapat didalam komputer atau laptop. Jika terlalu banyak file atau data yang tersimpan didalamnya, bisa dipastikan kinerja dari komputer atau laptop tersebut tidak akan berjalan dengan optimal dan lelet. Untuk itu ada baiknya jika kalian hanya menyimpan data-data yang dianggap sangatlah penting saja demi meminimalisir lemotnya komputer.
Dan pasangkan pula antivirus pada komputer atau laptop kalian untuk menghindari virus malware masuk kedalam hard disk.

2. Memaksimalkan RAM
Selain hard disk, RAM juga merupakan salah satu komponen yang cukup penting pada komputer atau laptop. RAM juga berguna untuk menyimpan berbagai macam aplikasi pada komputer atau laptop. Dengan kapasitas RAM yang kecil dan aplikasi yang banyak bisa menyebabkan komputer atau laptopberjalan dengan lelet dan lemot. Untuk itu jika menginginkan komputer atau laptop berjalan dengan maksimal simpan beberapa aplikasi yang kalian anggap benar-benar sangat penting saja, atau mungkin kalin bisa menambahkan kapasitas RAM pada komputer atau laptop kalian.

3. Fragmentasi Disk
Cara lain untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop adalah dengan melakukan fragmentasi disk. Dengan melakukan cara ini kalian bisa menghapus file-file yang dianggap tidak penting lagi. Untuk menyusun data-data yang ada dalam hard disk agar tersusun dengan rapi kalia bisa melakukan proses Defraghard. Dengan melakukan cara ini ketika ingin menampilkan sebuah data maka data tersebut akan segera muncul dengan cepat  tanpa terjadinya lelet dan lemot.

4. Sesuaikan Visual Efek
Untuk mencegah overload maka kalian harus menyesuaikan visual efek pada komputer kalian, ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kinerja komputer atau laptop, untuk itu sesuaikan spek yag dimiliki oleh komputer atau aptop dari aplikasi-aplikasi yang ada didalam komputer atau laptop, dan juga kapasitas memori RAM.

5. Delete Spyware
Salah satu cara untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop adalah dengan memberikan anti virus pada komputer atau laptop kalian fungsinya untuk menghindari terdapatnya spyware, malware, serta virus. Dan jika komputer sudah terdapat spyware maka sebaiknya lakukan segera penghapusan atau pembersihan spyware tersebut. pembersihakn ini sendiri bisa dilakukan di OS Windows seperti Windows Live OneCare, dan yang lain-lainnya yang bisa kalian download terlebih dahulu di situs-situs terpercaya. Download aplikasi yang bernama Microsoft Security Essentials.

6. Perbaiki Bad Sector Hardisk
Memperbaiki bad sector juga bisa mempercepat kinerja komputer atau laptop. Untuk mengecek bad sector kalian bisa melihatnya didalam hard disk. Perbaikan bad secrtor juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang bernama Tool Eroor Checking Utility. Memperbaiki bad sector tidak lah sulit, kalian bisa melakukannya maksimal seminggu sekali agar mendapatkan komputer atau laptop dengan kinerja yang sangat cepat. Luangkan waktu kalian sedikit saja untuk merawat dan menjaga komputer atau laptop kalian dari kerusakan lebih lanjut.

7. Uninstall program yang tidak diperlukan

Anda dapat meng-uninstall / menghapus program dari laptop, jika anda tidak lagi menggunakannya atau jika anda ingin membebaskan ruang pada hard disk anda. anda dapat menggunakan Program dan Fitur untuk meng-uninstall program atau mengubah konfigurasi program dengan menambahkan atau menghapus pilihan tertentu. Untuk informasi lebih lanjut tentang menghapus program, melihat program Menanggalkan: pertanyaan yang sering diajukan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menginstal program di laptop anda, lihat Menginstal sebuah program. Adapun cara Uninstall program yang tidak diperlukan berikut ini.

#klik Start Button =>  Control Panel => Programs => Programs and Features

8. Update Driver

Jika anda memiliki perangkat keras yang tidak bekerja dengan baik dengan laptop anda, anda mungkin perlu update driver. Ada tiga cara untuk memperbarui driver:

#Update Driver dari CD Driver yang sudah disediakan / sudah ada pada saat kita membeli sebuah laptop

#Gunakan Windows Update. anda mungkin perlu mengatur Windows Update untuk secara otomatis men-download dan menginstal pembaruan direkomendasikan.

#Men-download dan update driver sendiri. Gunakan metode ini untuk menginstal driver yang anda download dari situs web produsen. Lakukan ini jika Windows Update tidak dapat menemukan driver.

9. Install program khusus untuk menjaga dan mempercepat performa komputer

Sekarang ini, ada banyak program gratis untuk mengatasi laptop / komputer yang lemot dan mempercepat kinerja laptop anda secara maksimal.  Salah satu program terbaik ini bernama CCleaner, yang akan membantu anda membersihkan file-file yang tidak perlu seperti Cookies dan Temporary Files hanya dengan sekali klik.

10.  Gunakan Antivirus yang terupdate

Banyak pengguna komputer / laptop yang menggunakan antivirus yang sudah lawas sehingga banyak virus yang berkembang biak di dalam laptop :D rekomendasi gunakan dua antivirus, Smadav dan Avast.

11. Loading Startup

Banyak software yang terinstal mulai berjalan saat laptop mulai dihidupkan (startup), agar loading tidak memakan banyak waktu atau lama, matikan saja sistem auto start pada sofwtare tersebut menggunakan CCleaner atau software lain yang support.

Itulah beberapa cara dan langkah yang bisa kalian tempuh dalam menghadapi komputer atau laptop yang lelet. Karena sejatinya kita memerlukan sebuah perangkat dengan kinerja yang optimal demi melancarkan pekerjaan yang sedang dihadapi. Nah, semoga cara yang kami berikan di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua para pembaca. Sekian dan terima kasih.

Related Post



Post a Comment